Home » » STUDIKA (Studi Islam Kampus). Karena Hati Juga Perlu Nutrisi.

STUDIKA (Studi Islam Kampus). Karena Hati Juga Perlu Nutrisi.

Assalamu’alaikum Warahmatullohi Wabarokatuh….
Yap, Jumpa lagi di artikel mengenai STUDIKA, Studi Islam Kampus. Di edisi kali ini tim  akan membahas lagi mulai dari latar belakang hingga seberapa pentingnya sih STUDIKA itu?

Redaksi dari mading infokom telah menemui ketua divisi STUDIKA M. Hamidi dari Program Studi Pendidikan Fisika dan menanyakan beberapa pertanyaan penting dan wajib hukumnya untuk diketahui oleh pembaca, terutama yang sekarang sedang mengikuti kegiatan mentoring. “STUDIKA atau kegiatan mentoring merupakan salah satu sarana untuk memfasilitasi pesertanya tempat sharing dan pendalaman materi islam yang dikemas dalam kegiatan yang kreatif dan bervariasi tapi bermuatan islami” ungkap Hamidi.
Exactly, mentoring ini sendiri merupakan wadah untuk pesertanya, dalam hal ini mahasiswa baru yang beragama muslim, dimana mereka dapat belajar beradaptasi dengan dunia kampus yang sama sekali berbeda dengan iklim SMA, wadah untuk sharing, bertukar fikiran, wadah penyampaian informasi, mencari solusi permasalahan, dan yang paling penting adalah, disini ada bimbingan dari kakak-kakak, dan abang-abang mentor mengenai keislaman dan bertindak sebagai seorang muslim. Dan kegiatan ini tidak selalu formal, tergantung kesepakatan peserta dan mentor masing-masing, sehingga tempaat pelaksanaan bisa lebih nyaman dan fleksibel. How interesting!
STUDIKA ini sendiri merupakan program wajib yang telah disetujui fakultas, bahkan universitas. STUDIKA menjadi salah satu penentu nilai ujian akhir di mata kuliah agama islam. Kegiatan ini telah bekerjasama dengan Rektor Universitas Tanjungpura, Dosen untuk Mata Kuliah Umum (MKU), dan dosen agama islam untuk seluruh program studi di FKIP UNTAN.
Materi STUDIKA tetap didatangkan dari BKMI, Karena STUDIKA kita tetap mengacu pada BKMI agar muatan materi untuk tiap fakulatas adalah sama. Karena itulah GO (Grand Opening) STUDIKA yang diselenggarakan oleh BKMI pada minggu 24 oktober 2010 lalu melibatkan seluruh mahasiswa baru yang beragama muslim di seluruhh fakultas di universitas Tanjungpura.
Wow! Sebegitu pentingkah STUDIKA? Pengen tahu kenapa? Ok,,,, let’s take a look for the explanation below, hope that it will guide you to know how important STUDIKA is.
Para mentor STUDIKA merupakan mentor-mentor yang telah diseleksi oleh bidang PSDM LDSI At-Tarbawi yang insyaAllah memiliki kualifikasi untuk menjadi seorang mentor dan tidak perlu diragukan lagi kesungguhannya dalam membantu peserta dalam pendalaman islam serta pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan  STUDIKA memiliki banyak jenis yang tiap-tiap kegiatan tersebut memiliki tujuan untuk membangun akhlak peserta maupun mentor-mentornya dalam membangun ruhaniyah, fikriyah, dan jasadiah yang islami yang dikemas dalam kegiatan-kegiatan menarik dan atraktif baik itu indoor maupun outdoor. Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan rangkaian SG (Stadium General) 1-4.
Kegiatan SG 1 yang merupakan kerja sama antara divisi STUDIKA dan Syi’ar LDSI At-Tarbawi telah dilaksanakan di Auditorium UNTAN pada 31 oktober lalu. Kegiatan indoor tersebut merupakan kegiatan pembangun ruhaniyah islami peserta, “untuk SG selanjutnya akan dibedakan kegiatannya, mungkin akan dalam bentuk kegiatan indoor untuk membangun dan melatih fikriah seperti menonton, atau kegiatan outbond yang menbangun kekuatan jasadiah peserta” tambah Hamidi.
Nah, jadi bisa dilihat dengan jelas bahwa STUDIKA ini sangat penting dan wajib, kudu, harus diikuti oleh mahsiswa baru. Banyak hal yang sangat bermanfaat dapat didapatkan didalamnya.
Mengapa? Karena hati kita juga perlu nutrisi. Hidup tanpa ada siraman ruhaniyah seperti tumbuhan yang hanya mendapat unsur hara dari tanah tanpa ada air yang menyiraminya.
That’s why we need it, indeed. . .
Sesungguhnya salah satu dari obat hati adalah berkumpul dengan orang-orang saleh. . .
Wassalam [^_^]


Top of Form










0 comments:

Posting Komentar

Kalender Hijriah

 
Copyright © 2013. LDSI At-tarbawi - All Rights Reserved
Published by LDSI At-tarbawi
Proudly powered by Blogger