Home » » Kebahagiaan dalam Kehidupan Islam

Kebahagiaan dalam Kehidupan Islam

Sahabat tarbawi yang dirahmati Allah,..
              Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan kehidupan ini dengan berbagai perbedaan.. segala puji bagi Allah atas segala kemampuan yang telah diberikannya kepada kita, yang salah satunya adalah kemampuan untuk mensyukuri nikmat-Nya hingga hari ini.
Kehidupan ini sangatlah indah jika kita memahami maknanya dan sejauh mana kita berusaha untuk mencapainya. Kita tak akan terjebak dalam virus “galau” yang molaritasnya sangat besar dikalangan anak-anak muda negeri ini. Tidak akan ada orang orang yang galau kalau di selalu bahagia, dan formula untuk bahagia itu sendiri telah tercantum dalam pedoman hidup kita Al-Qur’an
Orang yang berbahagia adalah orang yang paham makna hidup di dunia ini, dan semuanya telah dimuat dalam Al-Qur’an, tentang apa tujuan hidup, peranan, tugas dan lain-lain.
TUJUAN hidup hanya mencari Ridho ALLAH (QS 98:5) yang artinya :

“Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus[1595], dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus”
PERANAN hidup sbg kholifah (QS 2:30) yang artinya :
“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."”

TUGAS hidup mengabdi pada ALLAH (QS 51:56) yang artinya :
“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku”
PEDOMAN hidup adalah Alqur'an (QS 2:2) yang artinya :
“Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertaqwa”
TELADAN hidup adalah nabi Muhammad saw (QS 33:21) yang artinya :
“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah”
SAHABAT hidup adalah org2 beriman (QS 49:10) yang artinya :
“Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat”
ALAT hidup adalah harta, tahta & semua potensi (QS 28:77) yang artinya :
“Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan”
MUSUH hidup adalah syetan (QS 36:60) yang artinya :
“Bukankah Aku telah memerintahkan kepadamu hai Bani Adam supaya kamu tidak menyembah syaitan? Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagi kamu"

"Sesungguhnya kehidupan di dunia ini adalah KESENANGAN SEMENTARA, & Sesungguhnya kehidupan akhirat adalah "daarul qoroor" RUMAH SELAMA LAMANYA" (QS 40:39).
 SubhanALLAH, kini sudah jelas untuk apa hidup sesaat ini, bahgai mana jalan menempuh bahagia agar tak terjebak dalam kegalauan. Sahabat, “semoga kecintaan kita kepada Allah terus meningkat, semoga kita selalu dilimpahkan rahmat dan karunia Allah SWT dan mendapatkan kebahagian di duni aaupun diakhirat”   aamiin..

1 comments:

Kalender Hijriah

 
Copyright © 2013. LDSI At-tarbawi - All Rights Reserved
Published by LDSI At-tarbawi
Proudly powered by Blogger